Cara membuat fasilitas translate ke bahasa lain di Wordpess

iklan
Karena judul artikel kita sudah masuk di page one mesin pencari tidak mustahil banyak orang mengunjungi website kita. Bahkan tidak hanya dari negara kita, yang jadi permasalahan adalah jika pengunjung datang dari negara lain yang tidak mengerti bahasa yang di tuangkan pada artikel kita. Namun kita ingin mereka tetap betah membaca artikel kita, cara paling sederhana adalah dengan memberikan fasilitas translate pada website atau blog anda.

JIka anda masih mengalami kesulitan bagaimana cara memasang google translate di website atau blog anda, Jangan khawatir karena admin www.wordpressgratis.net akan berbagi tutorialnya untuk anda semua. Anda dapat memasang google translater pada widget website anda.

Jika anda ingin memasang di blogspot memang sangat mudah. Namun jika anda ingin memasangnya di blog WordPress.com yang terkenal anti java scriptnya. Jika anda mengambil script langsung di Google Translate, maka anda akan mendapati kode Java Script. Dan kita tahu bahwa script tersebut tidak berlaku terhadap blog kita yang Free. Namun bagi anda yang sudah memakai WordPress dengan hosting sendiri, sudah pasti anda tidak akan mengalami kesulitan memasangnya. 

Tapi untungnya ada kode Google Translate yang dapat dipasang di WordPress.com ini, langsung saja anda copy kode dibawah ini pada sidebar anda tanpa perlu merubah kodenya, kecuali yang dicetak merah diganti dengan alamat blog Anda. Kemudian paste-kan kode yang Anda copy pada widget text.

1. MENAMBAH GOOGLE TRANSLATE DI WORDPRESS DENGAN PLUGINS

Ini adalah metode yang disukai oleh kebanyakan orang, karena lebih mudah untuk set-up dan mengkonfigurasi. Yang pertama Anda butuhkan adalah plugin Google Language Translator. Silahkan untuk download, menginstall plugin dan aktifkan.
Setelah plugin Anda aktifkan maka akan muncul menu baru bernama Google Language Translator. Dan silahkan buka halaman pengaturan plugin tersebut di menu Settings » Google Language Translator.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa kotak centang yang memungkinkan plugin dicentang:
Pilihan lain dapat digunakan untuk memilih tata letak penerjemah dan bahasa utama yang digunakan di website Anda. Setelah Anda selesai dengan pengaturan, Anda perlu menyalin shortcode di bagian bawah [google-translator].


Dan sekarang pasang menu penerjemah tersebut pada sidebar WordPress Anda dengan cara masuk ke Appearance » Widgets, Silahkan menambahkan widget Text baru ke bagian sidebar dan paste shortcode di dalamnya. Simpan pengaturan widget dan periksa situs web Anda dan lihat hasilnya di sidebar blog Anda.

2. MENAMBAH GOOGLE TRANSLATE DI WORDPRESS TANPA PLUGINS

1. Kunjungi alamat Google translate manager disini
2. Anda akan dihadapkan pada halaman untuk melakukan pendaftaran situs sebelum bisa menggunakan tool ini. Pada tab pertama Anda diharuskan memasukkan nama domain dan memilih bahasa asli dari situs Anda dan klik tombol “Next”.

3. Tab kedua adalah bagian Setting plugins. Dibagian ini Anda dapat memilih apakah situs Anda dapat diterjemahkan ke semua pilihan bahasa atau sesuai dengan bahasa keinginan Anda sendiri. Dan dibagian bawahnya terdapat pilihan untuk tampilan dari menu translator. Jika sudah Anda bisa klik menu “Get Code”.

4. Sekarang pada bagian tab terakhir ini berisikan kode yang harus Anda pasang pada situs WordPress Anda.

iklan

0 Response to "Cara membuat fasilitas translate ke bahasa lain di Wordpess"

Post a Comment