Cara Membuat Laman atau Page di Wordpress

iklan
Laman biasanya digunakan untuk membuat about us, disclaimer, deskripsi tentang website kita dan lain sebagainya. Jika anda mengalami kesulita untuk membuatnya, jangan khawatir karena admin www.wordpressgratis.net akan memberikan tutorialnya secara lengkap dan jelas untuk anda semuanya. Yang terpenting adalah anda harus membacanya dengan teliti kemudian praktekan. Anda tidak perlu langsung membaca sampai akhir tapi baca tutorial ini sedikit demi sedikit sambil anda praktekan sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan.

Sebenarnya, membuat sebuah laman itu sama seperti membuat postingan, namun ada sedikit perbedaan. Blog yang kita bangun menggunakan Wordpress tidak hanya memiliki satu halaman, melainkan dapat memiliki beberapa halaman. Wordpress memberikan layanan yang sangat mudah digunakan untuk menambah halaman.Berikut uraiannya:

>Silahkan login ke dashboard blog anda.
Alihkan perhatian kesebelah kiri monitor, arahkan pointer mouse pada menu Pages lalu klik Add New

Belajar Wordpress Cara Membuat Laman atau Page


>Masukan judul laman pada form Enter Title here

>Setelah beberapa saat, akan muncul permalink. Alamat permalink tersebut adalah alamat yang akan tercipta setelah artikel dipublikasikan, bila anda menginginkannya permalink itu bisa di edit atau di ubah. Klik tombol Edit, lalu masukkan alamat yang anda inginkan, cukup dengan kata kunci saja karena nanti akan otomatis di ubah. Atau bisa juga melalui widget slug yang ada di bagian bawah post editor. Namun ini sifatnya optional, bila anda tidak ingin mengubahnya maka biarkan saja apa adanya.

>Tulis isi laman yang ingin di publikasikan pada form post editing area. Silahkan edit sesuka hati anda, silahkan baca artikel tentang visual post editor bila anda belum begitu paham akan tool yang bisa di gunakan.

>Disebelah kanan monitor terdapat widget yang bernama Page Attribute

>Parent : Pilih no parent bila laman tersebut adalah laman induk. Atau bila ingin menjadi sebuah sublaman, maka pilihlan nama laman induknya. Pada beberapa theme, apabila kita membuat laman maka akan secara otomatis masuk pada menu navigasi, laman yang dijadikan sublaman akan keluar bila navigasi yang bersangkutan disorot oleh pointer mouse.
>Template : pilih default template bila ingin sama tampilan serta fungsinya seperti laman yang lain. Pada theme-theme tertentu, kadang banyak template laman (custom template) yang dibuat khusus misal untuk arsip, gallery, halaman checkout atau lain sebagainya.

>Perhartikan juga widget-widget Custom fileds, Discussion, Author dan featured image, mungkin anda ingin mengisi atau mengubahnya.

>Biasakan untuk melihat Preview sebelum anda benar-benar yakin untuk mempublikasikan artikel. Preview adalah tampilan artikel anda sebelum benar-benar dipublikasikan, klik saja tombol Preview untuk melakukannya. Bila anda sudah benar-benar yakin artikel tersebut ingin di publikasikan, klik tombol Publish.

>Selesai.

Mengelola laman

Laman yang telah dipublikasikan bisa dikelola dikemudian hari, dapat anda edit atau anda hapus. Untuk mengelola laman, arahkan pointer pada menu Pages lalu klik All Pages. Disana akan muncul lama-laman yang telah dipublikasikan. Sorot pada judul laman yang ingin dikelola, setelah muncul menu untuk anda melakukan edit atau menghaspus laman tersebut.

Sangat mudah bukan ? karena tutorial ini dibuat dengan sangat jelas dan di permudah sehingga anda tidak akan mengalami kesulitan lagi, namun jika anda masih mengalami kendala dan akan ada yang ingin anda tanyakan silahkan anda dapat menanyakannya melalui form kementar dibawah, nanti admin www.wordpressgratis.net akan merespon pertanyaan anda.

Sumber : http://www.krtutorplus.com
iklan

0 Response to "Cara Membuat Laman atau Page di Wordpress"

Post a Comment